Inilah (Sebagian) Wajah Birokrasi dan Kinerja PNS Kita

Ketika Gubernur DKI Jakarta, Jokowi, melakukan blusukan, banyak yang nyinyir. Itu pencitraan, hanya untuk publikasi biar terkenal.  Terlepas dari pencitraan atau bukan, blusukan atau sidak (inspeksi mendadak) memang wajib dilakukan. yang pro tentu setuju dengan turun langsung yang dilakukan pemimpin (tidak hanya duduk di kantor dan dengar laporan ABS saja). Semua lancar dan aman terkendali. Jalanan berlubang, laporannya mulus, pungli jadi tradisi, dilaporkan semua sesuai prosedur. PNS sering datang terlambat, jam kerja main games (pernah dipergoki Jokowi), kalau hanya menunggu laporan, pasti laporannya bagus. Lha...gubernurnya sudah sampai ke kantor kelurahan, eh... petugas di kelurahannya entah di mana? 

Kita melihat fakta, setelah tahu gubernur mereka (Jokowi dan Ganjar Pranowo) sering sidak saja, PNS ini masih berani pungli dan bekerja seenaknya sendiri (tidak disiplin), apa mental seperti itu memang harus dibiarkan saja???

Ketika dipergoki hal-hal yang tidak wajar, banyak yang akan membantah dan mengatakan, ini hanya oknum. masih banyak PNS yang jujur, bersih, bekerja sungguh-sungguh, tidak korupsi. Hmmm... entah angka berapa sesungguhnya yang dikatakan banyak. Kalau dibandingkan antara yang jujur dan tidak jujur, yang kerjanya baik dan tidak baik, mana yang lebih banyak??? Silakan lihat komentar pengunjung situs YouTube. 

Tapi sebelumnya, silakan lihat 3 video kegiatan sidak yang dilakukan Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah) dan memergoki penyimpangan dan kinerja PNS kita yang memang jauh dari yang seharusnya. Saat ditanya Ganjar Pranowo, mereka bingung harus bilang apa. Siapa yang bertanggung jawab, bingung. Di mana file yang dibutuhkan bingung. Mana ruangannya, bingung. 

Apa sih kerja sebenarnya...? Inilah (Sebagian) Wajah Birokrasi dan Kinerja PNS Kita. Entah sebagian besar atau sebagian kecil, Anda-lah yang bisa menjawabnya sendiri...






Untuk memperbesar tampilan, silakan klik pada gambar


0 Responses

Poskan Komentar

abcs