Catatan Kecil dari "Sedikit" Kerja Jokowi



Ketika menjelajah dunia maya, penulis menemukan tulisan Anton DH Nugrahanto di Forum Detik. Karena isinya menarik, penulis copy paste untuk ditaruh di blog penulis. Penulis bagikan kepada pengunjung blog ini. Selamat membaca... (tulisan sudah diedit agar semakin enak dibaca).


* * * * *

Selama ini orang bertanya apa hasil kerja Jokowi, kok Jokowi belum ngapa-ngapain hanya blusukan, tahukah anda selama 280 hari Jokowi sudah melakukan banyak hal dengan kerja cepat, bahkan ketika anggaran DPRD belum ketok palu.

Fakta kerja ini adalah luar biasa bila dibandingkan dengan pejabat-pejabat lain yang lelet bahkan nunggu anggaran dulu keluar lalu dimaenin lewat kroni-kroniya via proyek. Inilah salah satu fakta kerja Jokowi yang bisa kalian catat.

RUSUN, PENATAAN KAMPUNG & PASAR

-Penataan & Pengisian rusun Marunda & Muara Baru dari yang bobrok gak ada peminatnya sampai antri pendaftarnya.

-Pemberian isi rusun berupa kulkas, lemari, springbed & TV kepada penghuni dengan dana CSR.

-Pembangunan 200 rusun di pulo gebang dengan dana CSR.

-Kampung deret 50 rumah di tanah tinggi sebesar 4M yang pengerjaannya melibatkan warga yang dananya berasal dari CSR.

-Menata perkampungan di RW 03 Cakung Barat. Rumah yang memiliki luas sekitar 28 meter persegi dirobohkan, direnovasi dan dilengkapi perabot, seperti tempat tidur, kursi, dan lemari yang dananya berasal dari CSR. Proses bedah rumah memakan waktu dua minggu

-Pembangunan rusunawa pada 2/7 di Rawa Bebek di lahan seluas 17.65 hektar sebanyak 6 tower pada tahap 1 yg bekerjasama dengan kemenpera. Dijadwalkan selesai desember dengan biaya sewa sebesar 200 ribu per bulan yang bisa menampung 3.600 buruh lajang. Pada tahun 2014 akan dibangun tahap 2 sebanyak 8 blok.

-Pemberian pekerjaan, pelatihan & modal untuk pemberdayaan warga rusun Marunda. Ada pemimpin yang perhatian seperti ini???

-Membongkar & memberantas praktik mafia rusun di rusun Marunda & Muara Baru yang melibatkan aparat.

-Pembangunan 8 blok rusun Daan Mogot Ground Breaking 20/6 dengan dana CSR.

-Pembangunan rusun Muara Baru dengan dana CSR sebanyak 960 unit yang terdiri atas 8 tower. Direncanakan selesai bulan April, akan tetapi Jokowi mengharapkan bisa selesai Desember agar bisa secepatnya merelokasi penghuni waduk Pluit agar penyedotan lumpur bisa maksimal.

-Penataan pasar embrio di Kampung Makassar 6M.

-Renovasi total pasar Meruya 9M.

 

KESEHATAN

-KJS untuk 4,7 juta jiwa termasuk kartu chip dan scanner. Yang menelisik saya, berapa anggaran chip-nya? Sepertiga atau seperempat e-ktp ya?

-Perubahan peraturan daerah tentang persyaratan Suka Sarana Kesehatan yang mewajibkan RS swasta menyediakan kelas 3 sebanyak 40% dari sebelumnya 25% jika ingin membangun gedung/ RS baru.

-Penambahan kapasitas kamar kelas 3 di RSUD DKI.

-Tarif INA CBG’s yang lebih besar dari nasional yaitu 23 ribu dibandingkan 19 ribu. Untuk RS tipe C & D akan ditingkatkan lagi karena belum mencukupi.




 

BUDAYA & HIBURAN WARGA

-Pembuatan peraturan daerah yang masih menunggu pengesahan DPRD tentang pengembangan dan pelestarian budaya Betawi, yang salah satu isinya adalah hotel-hotel berbintang wajib menampilkan kebudayaan Betawi. Sudah diserahkan ke dewan sejak akhir 2012, namun belum disahkan juga.

-Car free night pada tahun baru.

-Pekan produk kreatif daerah yang disebut juga PRJ Monas yang dibanjiri ribuan pengunjung.

-Jakarnaval yang bertema keajaiban ondel-ondel dengan melibatkan 1500 siswa yang membuat kostum sendiri & 500 ondel-ondel serta puluhan mobil hias.

-Pemilihan abang none pertama kali di Monas yang sebelumnya di JCC bertujuan agar masyarakat mengenal abang none terpilih. Pada waktu yang sama, diselenggarakan Pesta Rakyat Pasar Gambir.

-Pemutaran drama musikal Ariah yang disponsori oleh ORTUS.




PENDIDIKAN

-PSB berdasarkan sistem rayon yang berguna untuk mengurangi kemacetan.

-Menambah tunjangan bagi guru Madrasah hingga mencapai Rp 1 juta.”Kalau dibanding lainnya, kita sudah paling tinggi. Tahun ini 3.300 guru Madrasah kita tambah Rp 1 juta gajinya”

-KJP untuk 320 ribu siswa untuk menyukseskan wajib belajar 12 tahun. Bandingkan dengan program nasional yang dimulai dari jaman Soeharto masih 9 tahun, belum pernah berubah.



PKL, PARKIR & BANGUNAN LIAR, KEMACETAN & BANJIR

-Pengerukan Kali Pakin.

-Penertiban bangunan liar di Kali Pakin, Kali Jelakeng, dan Kali Opak tanpa kekerasan.

-Normalisasi Waduk Pluit yang kini sudah mulai terlihat wujudnya.

-Normalisasi Kali Ciliwung di Masjid Istiqlal.

-Penambahan pintu air Manggarai yang pengerjaannya membutuhkan waktu 1 tahun.

-Kerja sama dengan Kopasus untuk mewujudkan Kali Ciliwung bersih. Salah satu bentuk dukungannya yakni dengan melaksanakan program “Green, Clean, and Healthy” atau “Jumat Bersih, Sabtu Hijau, Minggu Sehat”

-Kerja sama dengan TNI AD dalam program kebersihan Pemerintah Provinsi DKI, yang akan dilaksanakan setelah Lebaran 2013. “Kita mau menggerakkan Karya Bhakti untuk kebersihan Jakarta, kampung, sungai,” aku Jokowi.

-Penertiban PKLl di Sunda Kelapa

-Penertiban PKL di Kota Tua. Dapat tenda & gerobak gratis, menggunakan seragam agar tertib. Masih kurang enak?

-Penertiban PKL &  parkir liar di Pasar Minggu, Jatinegara & Tanah Abang. Walaupun pedagang masih sering kucing-kucingan dengan petugas, namun sudah menuju ke arah yang lebih baik.

-Penyegelan ekspedisi di Tanah Abang yang menyebabkan kemacetan.

-Monorel yang pembangunannya sudah masuk tahap pra-konstruksi pembangunan di titik-titik yang akan dibangun, yang dilakukan oleh surveyor dari Thailand, China, dan Jepang. Ditargetkan selesai dalam dua bulan agar pembangunan fisik Monorail tak tersendat. Surveyor merinci dokumen engineering & melakukan penyesuaian. Pengerjaan fisik direncanakan Oktober.

-Pelebaran jalan Arjuna Kebon Jeruk sepanjang 1,5 km.

-Akuisisi PPD untuk mengelola angkutan umum secara profesional & membayar utang PPD sebesar 170 miliar.

-Penambahan armada busway sebanyak 106 bus pada Februari & direncanakan 1.000 bus lagi pada November.

-Pembukaan koridor XII dan waterway Muara Baru-Marunda.



KEUANGAN & TRANSPARANSI

-Transparansi anggaran APBD lewat poster & laman pemda DKI sehingga rakyat bisa tahu bahwa anggaran pidato gubernur sebelumnya 1,2 M setahun. Ada yang berani seperti ini gak???

-Kerja sama dengan KPK untuk memantau transparansi di Pemprov DKI dengan menempatkan petugas KPK di lingkungan Pemprov.

-Pembayaran utang Jamkesda tahun 2011 sebesar 189 miliar.

-Pemotongan anggaran perbaikan jalan dari 73 M menjadi 820 juta.

-Peningkatan APBD 2013 senilai 8,6 triliun.

-Peningkatan APBD 2014 senilai 2,1 trilun.

-Peningkatan pajak sebesar 30%. Bandingkan dengan pemerintahan SBY  yang turun 53 triliun.

-Penunjukkan Hasyim Djoyohadikusumo sebagai pengawas Ragunan agar keuangan Ragunan menjadi transparan & hewan Ragunan tidak kurus lagi.

http://megapolitan.kompas.com/read/2013/07/02/2008029/Jokowi.Berharap.Hashim.Royal.untuk.Ragunan

-Penunjukkan mantan komisioner KPK sebagai komisaris MRT.



PEMERINTAHAN

-Lelang jabatan lurah & camat untuk menempatkan orang terbaik di posisinya.

-Tes narkoba lurah &  camat mendadak pada 30/6. Untuk yang positif akan dilakukan rehabilitasi.

-Melantik wali kota di luar ruangan agar mengenal wilayahnya. Wali Kota Jakarta Selatan Syamsudin Noor di Setu Babakan, Wali Kota Jakarta Barat Fatahillah di Rusun Tambora, Bupati Kepulauan Seribu Asep Syarifudin di Kepulauan Seribu, Wali Kota Jakarta Timur Krisdianto di Tempat Pembuangan Sampah Pulo Jahe, Wali Kota Jakarta Pusat Saefullah, Wali Kota Jakarta Utara Bambang Sugiyono.

-Kantor lurah-camat untuk tempat shalat tarawih sebagai langkah untuk mendekatkan warga dengan pemimpinnya.

-Penyediaan ta’jil untuk berbuka puasa di kelurahan & kecamatan.

-Tingkat kedisiplinan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI yang membaik http://megapolitan.kompas.com/read/2013/07/11/0843148/Jakarta.Baru.Membawa.Perubahan.pada.PNS.DKI



KERJA SAMA DENGAN LEMBAGA LAIN

-Kerja sama dengan Perusahaan Gas Negara (PGN) dengan memesan empat unit pengisian bahan bakar gas bergerak (mobile refueling unit atau MRU) yang akan terus disesuaikan dengan kebutuhan.

-Kerja sama dengan PGN dalam penyediaan gas bumi yang lebih murah bagi warga penghuni rumah susun akan dimulai di Rusun Sederhana Sewa Muara Baru sebanyak 7 tower.

-Konsultasi dengan Yusril Ihza Mahendra untuk merebut tanah DKI sebesar 1,14 ha.



SIKAP

-Sikap legowo dengan menyerahkan gitar ke KPK, bandingkan dengan SBY yang menolak melaporkan.

-Terbuka & ramah terhadap wartawan sehingga wartawan tidak segan untuk meliput berita setiap hari. Banyak kasus kepala daerah marah-marah sehingga wartawan malas meliput. Kalau pemimpin lain ingin diberitakan terus, sebaiknya koreksi sikap dulu.

-Tidak takut kotor-kotoran seperti masuk ke gorong-gorong yang ternyata cuma 60 cm padahal biaya penanganan banjir DKI triliunan, terjun langsung ke daerah banjir untuk berempati kepada warganya yang terkena musibah.

-Mengutamakan pendekatan dialog dibandingkan kekerasan sehingga perlengkapan satpol PP banyak yang digudangkan. Bedakan antara penertiban yang dilakukan perusahaan, pengadilan, PT KAI & Pemprov DKI.

-Perhatian ke warga walaupun bukan warga DKI seperti sumbangan jembatan yang menghubungkan Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, dan Kelapa Dua, Depok, yang mayoritas digunakan warga depok. Wali kota depok & wagub Jabar akhirnya melihat jembatan itu juga setelah Jokowi melihatnya.

-Tidak menggunakan voorijder, kecuali ada keperluan mendesak. “Jakarta ruwet seperti ini, yang ngawal bunyiin sirene, pake jalan (zig-zag) untuk ngelebarin jalan. Saya paling nggak senang yang seperti itu. Kadang-kadang malu juga gitu. Yang bawa motor 'kan jalannya miring-miring (zig-zag) gitu, terus saya bilang (ke supir), belok kiri ambil jalan sendiri. Langsung bingung pengawalnya, “Lho kok Gubernur tidak ada?” Biar kapok,” ujar Jokowi

-Pengambilalihan sejumlah pompa air di Jakarta, baik milik pemerintah pusat maupun swasta. Sentralisasi pompa air itu dilakukan untuk mempermudah manajemen operasional & menghindari saling menyalahkan. Seharusnya pemimpin seperti ini, berani bertanggung jawab tidak mencari kambing hitam.

-Gotong royong membersihkan Kali Ciliwung sepanjang 18,5 km yang melibatkan ribuan orang terdiri dari 5000 TNI  dari Kodam Jaya, ormas, anggota pramuka & masyarakat pada 29/6 yang diharapkan rutin dilakukan setiap bulan.

-Bantuan langsung Jokowi untuk warga miskin yang tidak mendapat BLSM. Jokowi juga selalu membagi-bagikan sembako, buku tulis, sepeda untuk menghabiskan dana operasional gubernur sebesar 1,1 M perbulannya. Kalau yang lain uang operasionalnya disalurin ke mana ya???

-Menolak didikte oleh bank dunia yang menawarkan pinjaman yang mahal & memakan waktu pengerukan hingga 5 tahun.

-Mengizinkan pengusaha AS yang ingin berinvestasi di Jjakarta tetapi harus dalam kontrol Pemprov DKI.

-Menolak tunduk kepada konglomerat Murdaya Poo & ingin mengembalikan PRJ kepada tujuan semula yaitu kegembiraan rakyat yang merayakan ulang tahun daerahnya. Jokowi juga tidak terima dengan pernyataan JIExpo yang merendahkan pedagang kerak telor.

-Berbesar hati dengan kelakuan lurah Warakas yang melakukan perlawanan &  penyimpangan kepemilikan rusun.

-Menolak intervensi komnas HAM dalam masalah penggusuran Waduk Pluit, Komnas membela warga yang menempati waduk secara ilegal.

-Melibatkan warga dalam proyek MRT dengan mengadakan public hearing.

-Membela masyarakat kecil ketika 16 RS swasta mudur dari KJS dengan mengatakan bahwa RS seharusnya jangan sekedar mencari untung saja, tetapi harus ada sisi sosialnya.

-Membuat mundur para interpelator KJS tanpa perlu turun tangan karena rakyat yang merasa terbantu dengan program ini mengancam akan menyebarkan foto interpelator KJS ke warga DKI.

-Tidak mengotori kota dengan poster wajahnya. Jokowi juga menyindir pejabat yang suka mengkampanyekan suatu program tetapi dengan wajah sang pejabat.



HASIL KERJA LAINNYA

-Pasar murah di dua lokasi, yaitu di Kelurahan Kalisari pada 23-24 Juni 2013 dan di Kelurahan Pegangsaan pada 25-26 Juni 2013 & berencana menggelar pasar murah di setiap kecamatan selama Ramadhan 2013 yang juga akan melibatkan UKM.

-Pembukaan cabang baru Bank DKI di Solo & Bandung.

-4 piala ADIPURA

-e ticketing Transjakarta dengan dana CSR.

-340 kursi taman yang bahannya kayu jati & besi cor dengan dana CSR.

-Pembukaan blokade jalan SMPN 289 tanpa kekerasan.

-Pengajuan tarif parkir 4x lipat yang akan diterapkan setelah busway datang dalam surat Gubernur DKI Jakarta Nomor 850/-1.811.4 tertanggal 4 Juli 2013 yang ditujukan ke Ketua DPRD DKI Jakarta tentang kenaikan parkir 4x lipat.

-Penyelesaian sengketa makam Mbah Priok yang pada 2010 lalu menyebabkan banyak jatuh korban luka-luka sebanyak 42 orang dari pihak satpol PP dan 12 warga. Oleh Jokowi dengan komunikasi yang baik bisa selesai.

-Mengajukan stok beras 40 ribu ton ke Kemendag untuk menekan harga beras di Jakarta dan operasi pasar sembako utk menekan inflasi. Harap maklum jika lama karena kalau berkaitan dengan urusan perizinan pemerintah pusat cenderung lama.

-Penyelenggaraan Flona 2013 di lapangan Banteng yang omsetnya mencapai Rp 2,6 miliar meningkat dibanding penyelenggaraan tahun sebelumnya yang cuma Rp 1 miliar. Yang hadir pun bertambah dan mencapai 480 ribu pengunjung. Jumlah stand yang ada di sini 278 stand, meningkat dari tahun sebelumnya yang berjumlah 240 stand.



Sumber: Forum Detik
0 Responses

Poskan Komentar

abcs